Kamis, 13 Oktober 2016

Putri Cantik yang Berteman dengan Kupu-kupu

Rumah keluarga putri cantik 

Konon disuatu bukit tinggal lah sebuah keluarga yang memiliki seorang anak putri cantik. Keluarga ini sangat bahagia, Ayah yang bekerja di kota pualng setiap pukul 17:00 wib. Putri cantik selalu menunggui kedatangan sang ayah sembari membantu ibu memasak, nyapu, dan membersihkan halaman.
Kepompong
Halaman putri cantik sangat luas dan dipenuhi aneka bunga yang berwarna-warni indah sekali dipandang. Setiap pagi putri cantik menyirami bunga-bunga yang bermekaran, suatu hari saat putri cantik menyirami bunga-bunganya dia menemukan kepong-pong. Saat itu dia langsung menjerit "ibu coba lihat ini hewan apa? dia tidak perdi dari tangkai bunga yang ku siram". Ibu pun dating dan berkata "anakku saying, ini kepompong. Tidak lama lagi dia akan berubah menjadi kupu-kupu yang sangat indah. Kamu amati setiap hari dan kamu nanti akan senang jika melihat kepompong berubah menjadi kupu-kupu". Putri cantik masih bingung dia berfikirbenarkah benda seperti itu bias berupah jadi kupu-kupu yang indah seperti yang sering hinggap dibunga-bunga yang ada di halamanku ini (gumamnya dalam hati).
Kupu-kupu
Setiap pagi putri cantik menyiram bunga dan dengan sabar dia menunggu kepong-pong berubah. Pagi ini hari minggu, Ayah libur bekerja dan menemani putri cantik nenyiram bunga, ayah menyiangi bunga-bunga agar lebih indah dan rapi. Putri cantik berteriak memanggil ayah, "Ayah, ayah, coba lihat ini ada kupu-kupu cantik yang baru saja keluar dari kepong-pong". Ayah pun mendekat, ditemani sang ayah, putri cantik melihat proses keluarnya kupu-kupu dari kepong-pong. Putri cantik bertanya, "Ayah, kupu-kupu itu kok bisa keluar dari kepompong? ibu kemarin berkata kepadaku kalau kepong-pong itu akan berubah menjadi kupu-kupu yang indah". Ayah menjelaskan kepada purti cantik, "Nak, ini yang disebut metamorfosis sebelum menjadi kepompong dia berupa telur, telur menempel pada daun lamanya 2-7 hari, lalu berubah menjadi ulat (larva) berumur 14-20 hari. kemudian berubah menjadi kepompong (chrysalis/pupa)berpuasa dan beristirahat selama 14-16 hari, dan dia butuh waktu 1-2 jam untuk mengeringan sayap sebelum siang terbang untuk pertama kalinya".  Sang putri cantik sangat bahagia dia bisa melihat kecantikan kupu-kupu dan menyaksikan terbang untuk pertama kalinya. 
Ayah berpesan kepada purti cantik, agar selalu merawat bunga-bunga di halaman, semakin putri cantik merawat bunga maka akan banyak kupu-kupu yang datang dan bertelur maka akan  banyak kepompong yang akan berubah lagi menjadi kupu-kupu indah yang hinggap pada bunga-bunga di halaman kita.                                        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar